Jumat, 11 Agustus 2017

Memahami SOP (standart operasional prosedur)

Assalamualaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan manjelaskan sedikit tentang SOP (standart operasional prosedur)

Pengertian : SOP (standart operasional prosedur) adalah serangkaian kontruksi kerja tertulis yang dibakukan(eterdokumentasi). Mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana kapan dan kapan harus dilakukan penyelenggaraan,dimana dan oleh siapa.
   Menurut Tjipto Atmoko, standart operasional prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas. Pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi, perintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

  Manfaat SOP : 
  • Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang melakukan tugasnya.
  • Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
  • Meningkatkan efesiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan  organisasi secara keseluruhan.
  • Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
Fungsi :
  • Memperlancar tugas/pegawai atau tim/unit kerja.
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  • Mengarahkan petugas atau pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
 Latar belakang : Mengenal tentang standart operasional prosedur untuk acuan pekerjaan

Maksud dan tujuan : Mengetahui apa itu standart operasional prosedure dan untuk acuan sebuah pekerjaan.

Kesimpulan : Standart operasi prosedure merupakan sebuah pedoman dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Referensi : http://192.168.153.3/data/SOP K3 Management Project/PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR.pdf

Sekian dari saya bila ada tutur kata yang kurang berkenang tolong dimaafkan 

Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar